top of page
  • Writer's pictureRedaksi Ipedia

Strategi Mengoptimalkan Bisnis Online untuk Pemula

Updated: Aug 4, 2023

Bagaimana seorang pebisnis pemula bisa mengoptimalkan bisnis onlinenya melalui berbagai strategi yang tepat? Simak jawabannya hanya dalam artikel ini!


mengoptimalkan-bisnis-online-untuk-pemula

Halo Sahabat Ipedia!


Berbisnis online dapat menjadi cara yang menguntungkan untuk menghasilkan pendapatan tambahan. Asalkan strategi yang tepat digunakan untuk mengoptimalkannya, maka bisnis ini akan berkembang dengan cepat. Bisnis online memiliki banyak keuntungan dibandingkan bisnis tradisional lainnya, diantaranya kecepatan transaksi yang lebih tinggi dibandingkan dengan jalan pintas (offline). Serta, tidak memerlukan fasilitas kantor yang besar dan mahal untuk memulai bisnisnya.


Bagi Sahabat Ipedia yang ingin memulai bisnis online, bisa menyimak tips-tips dari salah satu ibu muda yang sukses berbisnis. Mbak Dea, begitu narasumber akrab disapa, merupakan ibu rumah tangga dengan 2 orang anak. Bersama dengan suami, Mbak Dea juga menjalankan bisnis online dengan brand Flash of Kids yang bergerak di bidang distribusi. Saat ini Mbak Dea dan suami diamanahi sekitar 450 reseller mitra dan 12 tim internal.


Fase Bisnis


Fase bisnis itu ada 3 fase: Starting, Running, dan Growing. Fase Starting artinya baru memulai bisnis, bagaimana caranya agar bisnis bisa segera dimulai dulu. Fase kedua yaitu Running, di fase ini sudah mulai ada penjualan dan bisnis mulai berjalan. Fase terakhir yaitu Growing, fase dimana bisnis mulai stabil dan perlu memikirkan strategi bisnis agar bisnis bisa berkembang.



Untuk Sahabat ipedia yang masih di fase Starting atau baru memulai bisnis online, Mbak Dea menyarankan agar tidak membuat produk sendiri dulu. Lebih baik mencoba memasarkan produk yang sesuai dengan passion terlebih dahulu. Setelah itu, bisa menentukan target market, apakah target pembeli kita adalah anak muda, orang tua, atau lainnya. Hal itu akan berpengaruh pada jenis produk yang akan dipasarkan.


Tips untuk Pebisnis Pemula

Mbak Dea memberikan tips untuk Sahabat Ipedia yang baru memulai berbisnis, yaitu perlu melihat kompetitor produk dan rajin menimba ilmu dari brand yang sukses. Hal ini agar bisa menetapkan benchmark untuk bisnis online. Kemudian, manfaatkan juga teknologi, seperti Google Trend untuk mengetahui tren pasar terkini. Selanjutnya yang tak kalah penting, tentu saja melakukan promosi untuk bisnis Sahabat Ipedia.


Memulai (bisnis online) itu sebenarnya simple. Apalagi sekarang, misalkan kita mau jadi reseller suatu brand, sudah disediakan semua materi promosinya, kita tinggal share saja. Yang berat itu, kita mau atau tidak?

Mau tau lebih banyak lagi tentang strategi mengoptimalkan bisnis online? Simak video selengkapnya dalam tayangan Berdikari Episode 56: Mengoptimalkan Bisnis Online hanya di Ipedia Berita Baik:




25 views0 comments

Recent Posts

See All

Kommentare


bottom of page