top of page
  • Writer's pictureRedaksi Ipedia

Mendidik Anak dari Rumah Sesuai Fitrah bersama Komunitas Home Based Education

Updated: Aug 4, 2023

Berkenalan dengan Komunitas Home Based Education, sebuah wadah yang menghadirkan kehangatan dalam mendidik anak berlandaskan fitrah.


education-from-home

Halo, Sahabat Ipedia! Sebagai seorang ibu dan calon ibu, tentunya kita ingin menjadi madrasah pertama untuk ananda dan membuat rumah menjadi tempat belajar menyenangkan untuk anak-anak, bukan?


Melihat ananda berkembang dengan sesuai dengan fitrah baik yang telah ada di dalam dirinya tentunya juga menjadi impian para orang tua. Tapi bisa gak ya mendidik anak sesuai fitrah dari dalam rumah?


Nah, kalau Sahabat Ipedia masih bingung bagaimana cara memulainya, yuk kenalan dengan Komunitas Home Based Education.


Background Story

Komunitas Home Based Education mulanya hadir dari kebutuhan Mbak Devi sebagai seorang ibu baru untuk belajar tentang tumbuh kembang anak sesuai fitrah. Komunitas ini merupakan pengembangan dari komunitas Cendekia Rumah Tangga yang sebelumnya sudah diinisiasi oleh Mbak Devi tapi fokus membahas serba-serbi rumah tangga.


Seiring berjalannya waktu, kebutuhan untuk belajar tentang pengasuhan anak yang sesuai dengan fitrah semakin besar. Komunitas Home Based Education pun kemudian dibentuk pada tahun 2019 sebagai wadah yang menghadirkan kehangatan mendidik berlandaskan fitrah.


Aktivitas Komunitas Home Based Education

Saat ini Komunitas Home Based Education beranggotakan + 280 ibu dan calon ibu yang terkumpul di dalam Whatsapp Group. Para member ini bersemangat belajar pengasuhan dengan aktif melakukan diskusi tematik maupun diskusi spontan terkait tumbuh kembang anak, utamanya anak usia dini.


Topik diskusi tematik yang dilakukan antara lain tentang visi misi keluarga, tujuan pendidikan anak dalam Islam, mental health untuk ibu, serta berbagai macam metode pendidikan anak seperti Montessori, Reggio Emilia, Waldorf, dan masih banyak lagi.


Playdate Home Based Education

Kegiatan Home Based Education tak hanya daring saja lho! Ada juga kegiatan playdate untuk anak-anak yang dilakukan di beberapa kota, sepeti Bandung, Yogyakarta, dan Jabodetabek.


Kegiatan playdate ini juga diinisiasi oleh para member yang sama-sama memiliki kebutuhan untuk memenuhi kebutuhan sensori dan motorik anak, sekaligus mencari wadah untuk bersilaturahmi bagi para member yang berada di kota yang sama.



Kegiatan playdate yang sudah dilakukan antara lain membuat pizza, berkunjung ke dokter gigi, berkunjung ke pemadam kebakaran, dan masih banyak lagi.


Harapan Komunitas Home Based Education

Ke depannya, Komunitas Home Based Education ini memiliki harapan agar lebih banyak lagi orang tua muslim yang mau belajar tentang pendidikan dari rumah berlandaskan fitrah. Karena mendidik anak itu bukan dimulai saat anak bersekolah formal, tapi dimulai dari dalam rumah.


Kita harus percaya kalau Allah sudah menginstall fitrah pada ayah bunda untuk menjadi orang tua. Jangan lupa untuk selalu berikhtiar minta pertolongan-Nya agar dibimbing untuk bisa membersamai anak-anak di rumah.

Sahabat Ipedia ingin tau lebih banyak tentang pendidikan dari rumah berbasis fitrah dan bagaimana cara bergabung dengan komunitas keren ini? Saksikan selengkapnya di tayangan Kabar Sahabat “Education From Home, Together We Strong!” hanya di Youtube Ipedia Berita Baik.




15 views0 comments

Comentarios


bottom of page