top of page
  • Writer's pictureRedaksi Ipedia

Kishartati, Konsumsi Real Food Hasil Kebun Sendiri!

Updated: Aug 4, 2023

Kisah Kishartati, sosok baik yang sudah menjalankan kehidupan slow living dan memutuskan untuk berkebun, serta mengkonsumsi hasil panennya sendiri dalam bentuk real food.


konsumsi-real-food

Hai Sahabat Ipedia!


Mari berkenalan dengan Sosok Baik minggu ini.


Background Story

Kishartati atau akrab dipanggil Mbak Tati ialah seorang ibu yang bekerja di ranah domestik. Ia memiliki passion di bidang crafting dan berkebun.


Wanita kelahiran Kudus, 6 Juni 1972 saat ini berdomisili di Serang dan tergabung sebagai member Ibu Profesional Banten. Ia juga pernah menjadi leader rumah belajar crafting pada tahun 2017-2019.


Tanpa ia sadari, Mbak Tati telah menjalankan slow living dengan memutuskan untuk berkebun di lahan sendiri, mengolah hasil panen sendiri, dan mengonsumsinya sendiri dalam bentuk real food.


Awal Mula Berkebun

Sejak dulu Ia telah memiliki kesenangan melihat dan menghabiskan waktu di alam. Ia merasa senang ketika melihat tanaman hijau, lahan pertanian maupun lahan perkebunan. Ia pun mulai mencoba menanam di halaman rumahnya yang terbatas dengan menggunakan pot-pot kecil.


Dimulai dari tanaman kangkung yang mudah dirawat dan bisa cepat dipanen. Rupanya pengalaman berkebun dan memakan hasil panen sendiri meninggalkan rasa bahagia yang meluap-luap untuk Mbak Tati. Kini Ia sudah memiliki lahan perkebunan seluas 7000 meter persegi.



Strong Why Menekuni Berkebun

Adanya kebutuhan untuk hidup lebih sehat membuat Mbak Tati pun semakin mantap untuk menekuni berkebun. Menurutnya, makanan yang berasal dari luar itu tidak diketahui jelas apa kandungannya. Tapi bila menanam sendiri, Ia merasa lebih aman untuk mengonsumsinya.


“Saya butuh hidup lebih sehat. karena usia juga bertambah, lingkungan juga semakin banyak polusi, jadi kalau bukan kita yang menjaga diri kita, akan terpapar terlalu banyak radikal bebas.”

Mengolah sendiri hasil panen kebunnya, membuat Mbak Tati terbiasa mengonsumsi makanan real food atau makanan yang diolah dengan proses seminimal mungkin.


Lalu, bagaimana cara Mbak Tati mengolah makanannya sehari-hari agar nutrisinya tetap terjaga?


Bagaimana pula suka duka Mbak Tati mengelola lahan perkebunannya?

Apa tips berkebun asyik untuk ibu-ibu yang baru ingin memulai?


Saksikan tayangan lengkapnya hanya di episode This Is Me: Cara Asyik Berkebun & Mengonsumsi Panennya dengan Real Food



21 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page