top of page
  • Writer's pictureRedaksi Ipedia

MENJADI BUNDA PRODUKTIF

Updated: May 23, 2019

Menjadi produktif selama ini selalu dikonotasikan dengan mendapatkan uang, para Ibu di Komunitas Ibu Profesional ini ternyata memiliki arti tersendiri tentang makna "produktif" yang membuat mereka menemukan dirinya dan bisa berkontribusi untuk lingkungan sekitar.



Kebinaran mata para ibu ketika belajar menjahit dengan sistem 8 jam yang diinisiasi oleh Noor Widyaningsih, salah satu member Ibu Profesional Salatiga ini menambah semangat belajar para Ibu Profesional di Prabumulih. Mereka belajar untuk membuat pola mukena travelling dan menjahitnya sendiri mulai dari nol.


Noor Widyaningsih adalah sosok Bunda Produktif yang berproses menemukan dirinya dalam dunia pola dan jahit. Ibu dari anak perempuan semata wayangnya ini memiliki keyakinan bahwa produktif itu adalah bunda yang senantiasa menjalankan proses untuk menemukan dirinya. Sempat bertahun-tahun berkiprah di ranah publik, kemudian memutuskan masuk ke ranah domestik. Kekhawatiran akan pendapatan di awal pasti adanya, tetapi setelah berkomunitas di Ibu Profesional dan memahami makna produktif, akhirnya Noor yakin bahwa


“Rezeki itu pasti, kemuliaanlah yang harus dicari.”

Ia terus berbagi dan melayani dengan bidang yang sangat ia sukai yaitu menjahit, keliling dari satu kota ke kota yang lain bersama sang suami dan anak semata wayangnya. Program Polja by Noor ini merupakan produk yang keluar ketika ia dan keluarga mencanangkan diri untuk menjalankan project berbagi yang bernama "Skill Jariyah". Kesungguhannya menjalankan project ini mendatangkan rezeki yang tak diduga-duga.


Bunda produktif di Ibu Profesional memang tidak selalu dinilai dengan apa yang tertulis dalam angka dan rupiah, melainkan apa yang bisa dinikmati dan dirasakan sebagai sebuah kepuasan hidup, sebuah pengakuan bahwa dirinya bisa menjadi Ibu yang bermanfaat bagi banyak orang.


Noor, suami dan anak perempuannya

Menambah Syukur, Taat dan Manfaat


Menjadi Bunda Produktif, tidak bisa dimaknai sebagai mentawakkalkan rezki pada pekerjaan kita. Sangat keliru kalau kita sebagai Ibu sampai berpikiran bahwa rezeki yang hadir di rumah ini karena pekerjaan kita.


Menjadi produktif itu adalah bagian dari ibadah, sedangkan rezeki itu urusanNya.

Seorang ibu yang produktif bekerja itu agar bisa menambah syukur, menegakkan taat dan berbagi manfaat. Rezeqi tidak selalu terletak dalam pekerjaan kita, Allah berkuasa meletakkan sekendakNya.

Maka segala yang bunda kerjakan di Bunda Produktif ini adalah sebuah ikhtiar, yang wajib dilakukan dengan sungguh-sungguh (Profesional).

Ikhtiar itu adalah sebuah laku perbuatan, sedangkan Rezeki adalah kejutan.

Rezeki adalah kejutan yang datangnya dari arah tak terduga, untuk seorang ibu yang menjalankan perannya dengan sungguh-sungguh dan selalu bertaqwa.


Rezeki hanya akan menempuh jalan yang halal, maka para Bunda Produktif perlu menjaga sikap saat menjemputnya, kemudian ketika sudah mendapatkannya, jawab pertanyaan berikutnya “Buat Apa?”. Karena apa yang kita berikan ke anak-anak dan keluarga, halalnya akan dihisab dan haramnya akan diazab.(spw) #infobaik #beritabaik #ipedia #ipediaberitabaik #bundaproduktif #ibuprofesional #institutibuprofesional #poljabynoor #rumbeljahit #rezeki

3 views0 comments

Commentaires


bottom of page