top of page
  • Writer's pictureIpedia beritabaik

Tips Menumbuhkan Rasa Percaya Diri, Yuk Coba!

Updated: Nov 30, 2023

Ditulis oleh: Titi Esti


Terkadang, ketika kita bertemu orang baru, ada rasa insecure dan tidak percaya diri. Kira-kira, apa ya penyebabnya? Bagaimana caranya agar kita menjadi lebih percaya diri? Fajrina Addien, akan membagikan inspirasinya tentang menumbuhkan percaya diri. Mari kita simak!


menumbuhkan-rasa-percaya-diri

Hai Sahabat Ipedia!


Fajrina Addien, adalah sosok yang tampil di This is Me kali ini dalam segmen #CurhatBarengAddien. Beliau membahas mengenai apa dan mengapa di balik rasa percaya diri. Percaya diri akan diuji ketika kita bertemu orang baru, atau berada di tempat yang asing.


Ternyata, ada beberapa hal lho, yang menyebabkan seseorang menjadi kurang percaya diri. Kira-kira apa saja dan bagaimana cara menyikapinya agar lebih percaya diri?


Hal-hal yang Menyebabkan Seseorang Kehilangan Rasa Percaya Diri

Sahabat Ipedia, di bawah ini adalah hal-hal yang menyebabkan seseorang merasa tidak percaya diri, atau bahkan kehilangan rasa percaya dirinya. Apa sajakah itu?


  1. Sering tidak menepati janji/ingkar janji pada diri sendiri, krisis integritas.

  2. Masih memiliki mimpi yang tidak tercapai, atau saat ini belum tercapai.

  3. Memiliki standar, tapi standar ini belum sesuai dengan keadaan hari ini. Hal ini menyebabkan seseorang tidak percaya bahwa dirinya dapat diandalkan.

  4. Bayangkanlah diri kita ada dua. Satu sebagai pengamat, dan satunya sebagai pelaksana. Pelaksana melakukan hal-hal secara spontan. Sedangkan pengamat, melakukan dengan pertimbangan rasional. Umpamanya diri pelaksana marah-marah, maka diri pengamat dapat melerai. Nah, ketidaksinkronan antara diri pengamat dan diri pelaksana ini, akan menyebabkan krisis percaya diri.



Tips untuk Menumbuhkan Rasa Percaya Diri

Setelah mengetahui hal-hal yang menyebabkan kita merasa kehilangan percaya diri, jangan lupa juga untuk mempelajari bagaimana cara menumbuhkan rasa percaya diri tersebut. Ada beberapa tips yang disampaikan oleh Mbak Addien, di antaranya:

Hargailah diri sendiri, buatlah trackmu sendiri. Kemampuan kecil yang dilatih terus menerus, pasti akan membuahkan hasil dan membawa perubahan. Jika seseorang memandang dirinya kecil, maka sugesti ini juga akan membuat dirinya semakin kecil.


Asah terus kemampuanmu. Seseorang yang selalu mengasah kemampuannya, kemudian mengevaluasinya, dan mengasahnya lagi, kelak akan menjadi pribadi yang mudah untuk berkolaborasi.


Hal lain yang dapat menumbuhkan percaya diri adalah tetap pada tujuan awal. Apa yang menjadi niat baik di awal apa dan lakukan juga yang terbaik untuk mencapai niat tersebut. Adapun respon orang lain yang diberikan terhadap kita, baik itu respon baik maupun buruk adalah tanggung jawab orang tersebut. Hal Itu bukanlah tanggung jawab kita.


Langkah berikutnya untuk menumbuhkan percaya diri adalah selalu mencoba hal baru, mendatangi tempat baru, dan bergabung dengan komunitas baru. Sendirian, ya.. Tidak perlu mengajak teman. Pada awalnya mungkin ada sedikit rasa takut, tapi ini akan melatih keberanian kita.


Di hidup ini tidak ada perlombaan, jangan merasa berlomba dengan orang lain. Apakah orang lain telah mencapai apapun. Tapi berlombalah dengan dirimu setiap hari. Hal ini akan menjamin kemajuan kamu, sehingga akan menjamin cara kamu menilai. Maka rasa percaya dirimu akan tumbuh semakin baik.

Kita dengan orang lain sama-sama manusia. Kita juga sama dengan orang-orang sukses di luar sana. Kok bisa? Yuk simak video lengkapnya di This is Me: Menumbuhkan Rasa Percaya Diri, segmen #CurhatBarengAddien berikut ini:









14 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page