top of page
  • Writer's pictureRedaksi Ipedia

Deska Pratiwi, Pasien Gagal Ginjal Yang Aktif Berkarya

Updated: Aug 4, 2023

Mengenal sosok Deska Pratiwi, seorang ibu, penulis dan pengusaha yang tetap berkarya meski mengalami gagal ginjal sejak 2021.


deska-pratiwi-pasien-gagal-ginjal

Gagal ginjal adalah kondisi medis yang serius yang dapat mempengaruhi kualitas hidup seseorang. Namun, banyak pasien gagal ginjal yang tetap aktif berkarya dan berkontribusi pada masyarakat. Inilah yang perlu diapresiasi dan dihargai.


Meskipun pasien gagal ginjal harus menjalani perawatan yang intensif dan membatasi aktivitas fisiknya, hal ini tidak menghentikan semangat mereka untuk tetap aktif berkarya. Banyak pasien gagal ginjal yang masih berkarya dan berkontribusi dalam kegiatan sosial.


Background Story

Yuk, kenalan dengan seorang wania yang luar biasa, Deska Pratiwi, seorang ibu, penulis, dan pengusaha. Mbak Deska divonis gagal ginjal pada tahun 2021. Awal mulanya beliau merasakan sesak nafas tiba-tiba saat sedang berbaring. Saat diperiksa di rumah sakit ternyata diketahui kadar ureum dan kreatinin di darah sangat tinggi.


“Saya kaget karena sebelumnya tidak ada gejala apa-apa dan tidk punya riwayat penyakit kronis”, begitu ungkap ibu dari 2 anak ini. Sampai saat ini, Mbak Deska belum mengetahui penyebab pasti penyakitnya ini. Namun, beliau mengatakan kalau sekarang ini sudah menerima takdirnya dan berusaha menjalani proses pengobatan dengan ikhlas.


Bangkit dari Keterpurukan

Waktu pertama kali divonis gagal ginjal, usianya baru memasuki 30 tahun dan masih mempunyai anak balita. Hal ini membuat Mbak Deska patah semangat dan berada di titik terendah dalam hidup. Setelah delapan bulan terpuruk, suatu hari ibu dari 2 anak membaca ulang sebuah tulisan lamanya tentang ujian hidup di sebuah buku. Setelah membaca tulisannya sendiri, beliau mulai bangkit dan menyadari kesempatan hidup dari Tuhan Yang Maha Esa untuknya yang tidak seharusnya disia-siakan.


“Yang gagal ginjalku, bukan hidupku”

Mbak Deska mulai menekuni hobi menulisnya dan mengeluarkan karyanya. Mbak Deska membuktikan bahwa penyakit gagal ginjal tidak menghentikan semangatnya untuk tetap berkontribusi pada masyarakat. Motivasi dari dalam diri sendiri, disertai dengan dukungan dari suami dan teman-teman seperjuangan memberikan semangat dan motivasi untuk terus berjuang dan menjalani hari-hari dengan penuh manfaat.



Mau tau perjuangan Mbak Deska hidup bersisian dengan penyakit gagal ginjal? Simak video selengkapnya di tayangan This Is Me Episode 90: Pasien Gagal Ginjal Tetap Aktif Berkarya dengan Rutin Cuci Darah, hanya di Youtube Ipedia Berita Baik



33 views0 comments

Recent Posts

See All

Comentários


bottom of page