top of page
  • Writer's pictureRedaksi Ipedia

Kuliah Sambil Bekerja? Bisa!

Updated: Aug 30, 2023

Memiliki segudang aktivitas sebagai pramugari tak memadamkan mimpi Lailatul Sa'diah untuk kembali menjadi mahasiswi. Ia pun keluar dari comfort zone dan menantang dirinya untuk kuliah sambil bekerja. Simak kisah inspiratifnya!


kuliah sambil kerja

Hai Sahabat Ipedia!


Inspirasi baik dalam artikel kali ini datang dari seorang ex cabin crew yang sudah melanglangbuana ke seluruh penjuru dunia, Lailatul Sa’diah. Sejak lulus S1, Mbak Laila, sapaannya, memilih untuk menjadi pramugari di salah satu penerbangan internasional.


Sebelum resign 2 bulan yang lalu, selama 5 tahun Mbak Laila menekuni profesinya sebagai cabin crew dan tinggal di Saudi Arabia. Merasa belajar adalah passionnya, Mbak Laila pun memutuskan untuk sekolah lagi sambil bekerja.


Saat ini, Mbak Laila sedang fokus pada thesisnya sambil menanti kelahiran buah hati pertamanya.


Seperti apa kisah dan inspirasi dari Mbak Laila? Simak dalam artikel ini yuk, Sahabat Ipedia!


Kuliah Lagi untuk Mencari Growing Phase

Ketika kita melihat profil Mbak Laila, yang terbayang adalah sosok wanita muda, cantik, pintar dan sukses. Bagaimana tidak? Di usianya yang masih sangat muda yakni 21 tahun, beliau sudah menjadi pramugari di maskapai internasional. Beliau pun hijrah dari Indonesia ke Saudi Arabia.


5 tahun menjalani karirnya sebagai seorang cabin crew, ternyata tak membuat Mbak Laila merasa puas dengan karir dan kesuksesannya. Ia merasa sudah banyak belajar dari pekerjaannya dan belum mendapatkan sesuatu yang membuatnya bisa kembali berbinar.


Ia pun melakukan kontemplasi selama masa pandemi. Mbak Laila memikirkan apa yang menjadi keinginannya dan hal apa yang ingin ia capai? Setelah menikah, suaminya sangat mendukung dirinya untuk mengambil S2.


Cita-cita kuliah lagi sebenarnya sudah ada dalam diri Mbak Laila, namun ia baru merasabahwa saat tersebut merupakan saat yang tepat.


Aku melihat, belajar itu bisa menjadi habit yang sangat indah.

Di bulan November 2022, Mbak Laila akhirnya mengambil kelas hybrid di salah satu universitas di Indonesia. Beliau pun sempat menjalankan kuliah sambil tetap menekuni pekerjaannya sebagai pramugari.


Pentingnya Berada dalam Positive Circle

Kembali kuliah membuat Mbak Laila merasa kembali tertantang. Ia bahagia karena bisa mempelajari hal baru lagi di perkuliahannya. Ia pun sudah memikirkan apa yang akan dilakukannya setelah lulus S2 nanti. Semuanya bisa terlaksana karena lingkungan yang mendukung.


Mbak Laila menekankan pentingnya kita untuk tetap berada di lingkungan yang bisa mengingatkan kita akan mimpi-mimpi yang mungkin belum terwujud. Positive circle membuat semangat untuk mencapai mimpi-mimpi tersebut terus terjaga.



Selain itu, kita juga harus ikut membangun lingkungan positif tersebut. Lakukan hal-hal yang bisa mendekatkan kita pada cita-cita atau mimpi kita. Hal inilah yang akan menjaga agar kita tetap berada di jalur yang seharusnya, yakni fokus menggapai cita-cita.


Penerapan Attention Management saat Kuliah Lagi

Jika Sahabat Ipedia sering mendengar istilah time management, pernahkah kalian mendengar istilah attention management? Ini adalah sesuatu yang diterapkan oleh Mbak Laila ketika harus kuliah sambal bekerja.


Pekerjaannya yang menuntut mobilitas tinggi membuatnya sulit mencari waktu untuk fokus belajar. Oleh karenanya, ia menerapkan attention management yang fokusnya adalah mengelola fokus itu sendiri. Mbak Laila selalu mencuri-curi waktu di tengah pekerjaannya untuk sekadar membaca jurnal atau belajar agar tidak ketinggalan materi.


Hal ini adalah tantangan tersendiri sekaligus sesuatu yang membuatnya bersemangat saat menjalani pekerjaannya. Seperti apa kisah inspiratif Lailatul Sa’diah selengkapnya? Simak dalam episode This is Me, “Kuliah Lagi, Susah Gak?” bersama host Fajrina Addien berikut ini:




19 views0 comments

Recent Posts

See All

コメント


bottom of page