top of page
  • Writer's pictureRedaksi Ipedia

Tips Sukses Menjadi Penerjemah Freelance

Updated: Aug 4, 2023

Lapangan pekerjaan untuk seorang penerjemah freelance ternyata masih sangat terbuka lebar. Ada banyak perusahaan maupun individu yang membutuhkan jasa penerjemah. Bagaimana cara untuk bisa sukses menjadi seorang penerjemah freelance? Ikuti kisah Primastuti Dewi dalam artikel berikut!


tips-sukses-penerjemah-freelance

Hai Sahabat Ipedia!


Menjadi freelancer merupakan salah satu pilihan cerdas bagi seorang ibu rumah tangga agar tetap memiliki penghasilan. Inspirasi Baik kali ini datang dari Primastuti Dewi yang sukses menjadi penerjemah bahasa Korea.


Tidak memiliki latar belakang pendidikan Sastra Korea bukanlah penghalang bagi dirinya untuk bekerja menjadi seorang penerjemah. Mulai dari tahun 2012, wanita dengan sapaan Mbak Prima ini menekuni dunia freelancing sebagai penerjemah Bahasa Korea hingga sekarang.


Banting Setir dari Jurusan Kuliah IT

Background pendidikan Mbak Prima adalah IT. Setelah menimba ilmu di Korea Selatan, Mbak Prima pun sempat bekerja di sana hingga menetap selama 7 tahun di negeri ginseng. Fase hidupnya berubah setelah menikah, ia memutuskan untuk melepaskan karirnya dan mengemban amanah baru sebagai ibu rumah tangga.


Dari rumah, Mbak Prima akhirnya mencoba untuk kembali berkarir. Ia mengirimkan CV ke berbagai agensi penerjemah, penerbit dan tempat-tempat yang membutuhkan jasa penerjemah bahasa Korea.


Adapun yang membuat Mbak Prima mantap untuk menekuni dunia freelancing sebagai seorang penerjemah adalah jam terbangnya dalam berbahasa Korea.


Beberapa penerjemah profesional tidak memiliki background pendidikan di jurusan sastra, tapi mereka nggak berhenti belajar untuk mengasah skill penerjemahan.

7 tahun tinggal di Korea Selatan, Mbak Prima juga membagikan pengalamannya dalam mendalami Bahasa Korea. Mulai dari kegiatan perkuliahannya hingga menjadi relawan untuk membantu para TKI berkomunikasi.


Suka Duka Menjadi Penerjemah Freelancer

Meskipun banting setir dari jurusan kuliahnya, nyatanya Mbak Prima menikmati perannya sebagai seorang freelancer. Ternyata, setelah di dalami ada banyak sekali orang-orang yang membutuhkan jasanya. Ia pun senantiasa semangat untuk mengupgrade skill-nya, terutama untuk terus mengasah kemampuan berbahasa Koreanya.


Mengikuti tes-tes kenaikan level bahasa Korea dan aktif berkomunitas dalam Himpunan Penerjemah Indonesia adalah dua dari sekian banyak jalan yang bisa ditempuh untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Koreanya.



Bertahun-tahun menekuni dunia freelancing, selain suka tentu saja ada duka yang Mbak Prima rasakan. Salah satunya adalah bahwa ternyata pekerja freelance kadang lebih melelahkan dibandingkan pekerja kantoran.


Mbak Prima juga mengatakan bahwa seorang freelancer haruslah proaktif untuk bisa mendapatkan proyek-proyek yang berkelanjutan.


Tips Sukses Menjadi Penerjemah Freelance

Mbak Prima juga bercerita mengenai skill apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang penerjemah meskipun tidak memiliki latar belakang pendidikan yang relevan.


Selain itu, dalam tayangan Berdikari Episode 53 ini Mbak Prima juga memaparkan bagaimana jalan untuk mendapatkan job pertama sebagai penerjemah freelance dan jenis-jenis pekerjaan apa saja yang bisa dilakukan oleh seorang penerjemah.


Ingin tahu bagaimana Primastuti Dewi bisa sukses menjadi penerjemah freelance? Yuk, tonton langsung Berdikari dalam episode Tips Menjadi Penerjemah Freelance (Bahasa Korea) hanya di Ipedia Berita Baik berikut ini:




17 views0 comments

Recent Posts

See All

Kommentare


bottom of page