top of page
  • Writer's pictureIpedia beritabaik

Awet Muda dan Banjir Cuan Dari Hobi Yoga

Ditulis oleh: ranuhe


Ratih Kusuma, sosok baik yang berhasil menjadikan hobinya berolahraga berbuah manis. Tidak hanya sehat dan makin awet muda, tapi juga menghasilkan cuan! Seperti apa kisahnya menjadi pelatih yoga? Simak kisah selengkapnya di artikel ini!


Awet Muda dan Banjir Cuan dari Yoga
Awet Muda dan Banjir Cuan dari Yoga

Hai Sahabat Ipedia!


Sosok baik kali ini adalah seorang ibu hebat dari 3 anak yang berhasil mengubah hobinya menjadi sebuah karya dan memberikan manfaat bagi banyak perempuan. Sosok hebat itu adalah Ratih Kusuma.


Saat ini Ratih berdomisili di Solo. Selain sebagai seorang pekerja di ranah publik, beliau juga mengambil kesibukan sebagai pelatih yoga, konselor menyusui dan juga mengelola usaha mom and baby spa.


Rajin Olahraga Dapat Bonus Awet Muda


Perempuan berusia 43 tahun ini menyampaikan beberapa tips agar tetap dapat terlihat awet muda di usianya. Sejak kecil, Ratih sudah menyukai olahraga. Hal ini tidak terlepas dari ayah beliau yang berprofesi sebagai guru olahraga. Pada saat usia 5 tahun, Ia sudah bisa berenang.


Ia juga mengaku dengan berolahraga bisa mengurangi tingkat stress dan tetap bahagia. Jangan lupa juga penuhi nutrisi tubuh, pola hidup sehat dan sering berpuasa untuk membantu regenerasi sel-sel tubuh. “Jangan sampai wajah masih terlihat muda, tapi tubuh terasa jompo akibat kekurangan nutrisi”, begitu ujar Ratih.


Meskipun demikian, Ia mengaku sejak SMP Ia sudah rutin melakukan perawatan mandiri untuk menjaga kesehatan kulit. Pun perawatannya tidak perlu dengan skincare yang mahal, cukup dengan cara konsisten merawat diri. Biar badan glowing, wajah pun glowing.


Ketertarikan Pada Yoga

Ketertarikan Ratih di dunia olahraga masih berlanjut ketika duduk di bangku SMA. Saat itu Ratih mulai tertarik dengan yoga, namun harus terhenti karena bentrok dengan jadwal sekolah. Meski pada akhirnya, Ia mulai konsisten berlatih yoga prenatal saat sedang hamil anak kedua.


Yoga itu satu-satunya olahraga yang bisa dilakukan siapa saja. Mulai dari bayi sampai manula. Dari orang yang suka olahraga ataupun tidak.

Karena tidak ingin setengah-setengah dalam mempelajari olahraga yoga, Ratih memutuskan untuk belajar yoga dengan tujuan bisa menjadi pelatih yoga. Hingga saat ini pun, beliau masih mempelajari jenis-jenis yoga untuk memperkaya referensinya dalam memberikan pelatihan.


Terhitung selama 3 tahun Ia habiskan untuk belajar yoga hingga tahun 2017. Saat ini, Ratih memutuskan berhenti belajar karena merasa sudah waktunya untuk membagikan apa yang sudah dipelajarinya.



Lalu, bagaimanakah perjalanan Ratih saat memutuskan untuk mengubah hobi yoga menjadi bisnis hingga bisa menghasilkan cuan? Apa saja suka duka Ratih sebagai seorang pelatih yoga?


Yuk, saksikan tayangan lengkapnya hanya di program This Is Me | Yoga: Cara Awet Muda Plus Dapat Cuan, bersama host kesayangan kita, Fajrina Addien:








19 views0 comments

Comments


bottom of page