top of page
  • Writer's pictureRedaksi Ipedia

Ibu Rumah Tangga Sekolah lagi? Why Not!

Ditulis oleh: ranuhe


Siapa yang tak kenal sosok baik satu ini. Ya, Karinta Utami. Produser This Is Me Ipedia TV ini memutuskan sekolah lagi setelah 11 tahun menjadi ibu rumah tangga. Kira-kira susah tidak, ya? Apa yang jadi alasan beliau memutuskan sekolah lagi?


Hai Sahabat Ipedia!


Setelah 11 tahun menjadi ibu rumah tangga dan tidak sekolah, Karinta Utami, Produser This Is Me Ipedia TV memutuskan untuk sekolah lagi.


Bagaimana sosok ibu rumah tangga ini bertemu dengan para mahasiswa lain di kampusnya. Apa saja tantangannya? Yuk, simak kisah selengkapnya!


Alasan Sekolah Lagi

Berawal dari keinginan seorang Karinta Utami yang ingin belajar untuk memberikan pendidikan dan pendampingan terbaik dari rumah untuk kedua anaknya, Hasna dan Umar. Keinginan itulah yang mendorong founder read aloud Tasikmalaya ini memutuskan untuk sekolah lagi.


Magister S2 PGSD adalah jurusan yang beliau pilih. Meskipun lintas jurusan dari pendidikan sebelumnya, tapi jurusan ini dikira cocok untuk anak-anaknya yang masih kecil. Bisa jadi, ketika anaknya masuk SMP, beliau melanjutkan juga pendidikannya ke jenjang S3.


Setelah terjun kembali di dunia perkuliahan, perempuan yang sudah mempublikasikan 8 buah karya ilmiahnya ini mengungkapkan keinginan tambahannya yaitu membangun sekolah institut non formal suatu hari nanti.



Tantangan Perkuliahan Bagi Ibu Rumah Tangga

“Hal yang harus disiapkan pertama kali ketika memutuskan untuk sekolah lagi adalah mental, karena kita akan keluar dari zona nyaman" , ungkap Karinta Utami.


Untuk ritme dan habit perkuliahan sendiri tidak membuat founder rumah seru ini kesulitan, karena sudah terlatih di Institut Ibu Profesional dengan segala macam tugas. Namun, yang membuatnya kaget di awal perkuliahan karena beliau terbiasa berkiprah di institusi non formal dan ketika masuk institusi formal semuanya terasa berbeda.


Perempuan yang berprestasi sebagai best moderator di seminar internasional ini menambahkan, kegiatan perkuliahan adalah kegiatan mencari ilmu, otomatis ada guru dan kita sebagai murid yang sudah jelas pasti ada aturan yang harus diikuti. Menyesuaikan dengan aturan itu yang awal mulanya sedikit sulit, tapi setelah dijalani ternyata begitu mudah.


Hal lain yang juga harus disiapkan adalah manajemen waktu dan manajemen pikiran. Karena harus bisa membagi peran antara menjadi mahasiswa sekaligus menjadi istri dan ibu.


Karinta Utami berpesan:

Setiap perempuan punya waktu yang tepat untuk mewujudkan mimpinya. Asal tetap ikuti proses dan nikmati peran yang menjadi tanggungjawabnya sekarang sebaik mungkin.

Selain kesiapan mental, manajemen waktu dan manajemen pikiran, kesiapan biaya pendidikan pun harus disiapkan secara matang. Perempuan yang pernah bekerja di BUMN ini memberi saran kepada semua perempuan yang mau sekolah lagi untuk mencari informasi beasiswa kuliah. Bagaimana tips mendapatkan beasiswa untuk kuliah ala Karinta Utami?


Simak cerita selengkapnya hanya di This Is Me, Episode Ibu Percaya Diri Sekolah Lagi:










18 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page