top of page
  • Writer's pictureRedaksi Ipedia

Serunya Menghafal Al-Quran bersama Komunitas TAFKO

Updated: Aug 15, 2023

Menyaksikan anak-anak yang hafal dan cinta Al-Quran merupakan kebahagiaan dan kebanggan bagi orang tua. Mari berkenalan dengan Komunitas TAFKO, Tahfidz For Kids Online, yang siap membantu orang tua membuat anak-anak senang membaca & menghafal Al-Quran!

komunitas TAFKO

Hai Sahabat Ipedia!


Mempelajari dan memahami Al-Quran sebagai tuntunan hidup merupakan kewajiban bagi setiap Muslim. Oleh karena itu, aktivitas ini sebaiknya dikenalkan oleh orang tua kepada anak sejak usia dini. Bagaimana ya caranya?


Awal Mula Terbentuk Tahfidz For Kids Online (TAFKO)

Yuk, berkenalan dengan Tahfidz For Kids Online (TAFKO) yang merupakan salah satu komunitas dari ekosistem Ibu Pembaharu di Ibu Profesional. Maunah, Leader TAFKO, menjelaskan bahwa TAFKO merupakan pengembangan dari program Tahfidz For Kids yang sudah lebih dahulu diselenggarakan di TPA Ashabul Yamin Pangarengan. Dilandasi oleh semangat dan inisiatif para pengurus, dibuatlah program mengaji daring, yaitu Tahfidz For Kids Online (TAFKO). Program TAFKO ini diharapkan bisa mewarnai dunia maya anak-anak agar konten-konten yang tersedia bisa berisi hal-hal yang bermanfaat untuk anak. Mulanya Mbak Maunah hanya sendirian di TAFKO. Ia pun mencoba mencari teman-teman yang ingin ikut terjun berkontribusi di TAFKO melalui sosial media. Tak butuh waktu lama hingga akhirnya Mbak Maunah dipertemukan dengan tim TAFKO.


Membuat Anak Senang Menghafal Al-Quran

Sasaran utama TAFKO adalah anak-anak mulai usia 5 tahun hingga usia 12 tahun. Saat belajar di kelas, anak-anak akan dikatagorikan berdasarkan usianya. Mengapa anak-anak? Leader TAFKO, Mbak Maunah percaya bahwa anak-anak mudah untuk menyerap suatu ilmu, sehingga mudah juga untuk menghafalkan Al-Quran dan sulit melupakannya. Kebalikan dengan orang tua, yang sulit menghafalnya dan mudah melupakannya. Seperti ungkapan peribahasa yang mengatakan bahwa belajar di waktu kecil bagaikan mengukir di atas batu, sedangkan belajar di waktu besar bagaikan mengukir di atas pasir.



Keunggulan Belajar Al-Quran dengan Metode TAFKO

Saat ini juga banyak tersedia program menghafal Al-Quran di masyarakat. Tim TAFKO pun menjelaskan perbedaan metode TAFKO dengan metode lainnya. Salah satunya ialah anak harus didampingi oleh orang tua, agar orang tua juga belajar bersama anak. Anak-anak juga diperbolehkan membawa mainan saat kelas berlangsung. Hal ini dimaksudkan agar anak tetap merasa senang saat belajar. Namun, perbedaan mendasar yang ada di TAFKO ialah penggunaan metode 51331 yang merupakan metode ajar khas TAFKO.


Kita berharap bahwa belajar Al-Quran itu bukan cepet-cepetan hafal. Untuk saya pribadi, menghafal Al-Quran adalah project seumur hidup. Jadi gak papa butuh waktu lama, yang penting bahagia menikmati prosesnya.

Sahabat Ipedia penasaran seperti apa Metode 51331 Ala TAFKO?

Bagaimana cara bergabung dengan TAFKO?

Apa tips agar ibu-ibu juga bisa menghafal Al-Quran?


Saksikan video selengkapnya hanya di tayangan Kabar Sahabat Episode 89: Serunya Menghafal Al-Quran ala TAFKO! hanya di Ipedia Berita Baik berikut ini:




4 views0 comments

Comentários


bottom of page