top of page
  • Writer's pictureRedaksi Ipedia

Belajar dari Alam Bersama Komunitas Ibu Inklusif

Ditulis oleh: Titi Esti


Bisakah kita memanfaatkan kebun belakang rumah sebagai laboratorium belajar anak difabel? Ternyata bisa! Bagaimana caranya? Simak kisah inspiratif dari salah satu anggota Komunitas Ibu Inklusif yang mengubah masalah menjadi proyek keluarga berikut ini.


Hai Teman Baik Ipedia!


Anak yang tidak betah belajar di kelas merupakan masalah untuk seorang ibu. Bagaimana ibu menyikapinya? Sanggupkah mengubah masalah menjadi proyek keluarga? Simak pengalaman Nurfaizah, anggota komunitas Ibu Inklusif yang membuat laboratorium belajar di halaman rumahnya.


Asal Mula Laboratorium Belajar

Nurfaizah, atau kerap di sapa Mba Ifa, menyampaikan bahwa dalam masa tumbuh kembangnya anak-anak perlu belajar motorik kasar dan motorik halus. Karena motorik anak itu sifatnya itu tidak terberi/ given, sehingga perlu di stimulus. Menurutnya, untuk menstimulasi panca indraana, bisa dlakukan di dalam rumah. Namun, untuk belajar sensori dan motorik, lebih baik jika dilakukan di luar rumah


Mba Ifa merintis laboratorium ini berawal dari curhatan guru kelas putranya. Ia mendapatkan keluhan kalau setiap putra mba Ifa minta izin ke belakang, dia tidak kembali lagi ke kelas untuk jangka waktu yang lama.Kejadian ini yang mendorong Mba Ifa mendirikan laboratorium alam karena memang dibutuhkan oleh putranya.



Lokasi Laboratorium Belajar

Lokasi laboratorium belajar yang kini sudah memiliki nama School of Life Popiapiara, terletak di Bau Bau, Sulawesi Tenggara.. Area ini awalnya hanya tanah yang kecil, kemudian setahap demi setahap diperluas ketika tetangga akan menjual tanahnya. Laboratorium belajar ini sangat membantu putra putri mba Ifa yang memang suka gaya belajar di luar ruangan.


Setelah pandemi berakhir, sekolah-sekolah diperbolehkan melakukan pembelajaran di luar kelas. Banyak Taman Kanak-Kanak, PAUD, dan sekolah lain ikut mengadakan pembelajaran di lokasi Popiapiara. Mereka tahu bahwa ternyata ada ada semacam play ground di sini, selain berita dari mulut ke mulut, juga karena unggahan Mbak Ifa di sosial media.


Dalam perkembangannya, ada sekolah luar biasa yang hendak berkolaborasi, yaitu School of Life. Namun saat ini baru bertindak selaku fasilitator saja, belum mengambil amanah penuh untuk pendidikan anak hebat istimewa.


Selama setahun ke belakang ini Mbak Ifa dan suami mengurus perizinan sekolah yang cukup rumit. Alhamdulillah kini sekolahnya telah mendapat izin operasional sekolah dan sudah terdaftar di Dapodik Kependidikan Pendidikan dan Kebudayaan.


Mbak Ifa berpesan,

Setiap Ibu pasti punya doa yang besar. Apapun mimpi itu, jalankan dengan ilmu, fokus dan ketekunan minta sama Allah. Karena tidak ada yang tidak mungkin ketika minta sama Allah.

Lalu, bagaimana cara Mbak Ifa mengajarkan anak-anak berkebutuhan khusus melalui laboratorium belajar dari alam ini? Bagaimana pengaruh belajar dari alam untuk mereka?


Saksikan tayangan lengkapnya di This Is Me dalam episode Alam Tempatku Belajar - Sekolah Alam Anak Difabel bersama host Karinta Utami berikut ini:











5 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page